Jumat, 26 April 2013

Belajar bersyukur dari Aurelia aurita

Lama tidak bercerita... sedikit cerita hari ini dan semoga bisa rajin bercerita lagi. hehehe...

Aurelia aurita adalah hewan berbentuk mangkuk atau cawan transparan. Pada permukaan tubuh bagian bawah terdapat rongga mulut yang dikelilingi empat tentakel. Dialah ubur-ubur.  Ubur-ubur mempunyai tubuh yang lunak namun Allah memberikannya tentakel. Pada permukaan tentakel, terdapat sel beracun (knidoblast) yang mengandung sel penyengat kecil (cnidae) yang dapat digunakan untuk melumpuhkan mangsa. Maha besar Allah pencipta alam semesta. “Dan pada penciptaan dirimu dan pada makhluk bergerak yang bernyawa yang bertebaran (di bumi) terdapat tanda-tanda (kebesaran Alloh) untuk kaum yang menyakini.” (Q.S Al-Jasiyah:4)

Ada satu hal yang menarik dari ubur-ubur ini. Tubuhnya hanya memiliki satu saluran. Saluran ini berfungsi sebagai mulut dan juga berfungsi sebagai anus. berbeda dengan  kita manusia diciptakan dengan sempurna, mulut dan anus mempunyai saluran yang berbeda, sehingga kita bisa menikmati setiap rasa makanan yang kita makan tanpa terganggu dengan rasa kotoran yang kita keluarkan. coba sobat bayangkan andai saja kotoran kita juga keluar itu keluar memalui mulut kita.. waaah ga kebayang deh...  So.. nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan?

Ubur-ubur saja yang hanya memilki satu saluran tempat keluar masuk makanan ga protes. Bagaimana dengan kita yang diciptakan dengan sempurna? Semoga kesempurnaan penciptaan kita ini, mampu membuat kita menjagi orang-orang yang selalu bersyukur, dan lebih bersyukur.. 

Ubur-ubur Topi Bunga (Flower Hat Jelly)
 

2 komentar:

  1. Subhanallah, kadang kita sering melalikan kenikmatan yang telah Allah anugerahkan, mga kita termasuk hamba yang ahli bersyukur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... sungguh tidak ada makhluk yang Allah ciptakaan sia-sia... semoga qt menjadi hamba yang pandai brsyukur. trimakasih atas kunjungannya kang... :)

      Hapus

jangan lupa tinggalkan komentarnya ya...