Rabu, 13 Juli 2011

Handout berbasis mind map



Proses pembelajaran selama ini cendrung hanya mengoptimalkan fungsi otak kiri. Agar pembelajaran dapat berlangsung secara optimal, kegiatan belajar harus mengoptimalkan kemampuan otak kiri dan otak kanan. Mind map merupakan teknik mencatat yang mengoptimalkan kemampuan otak kiri dan otak kanan karena mind map menirukan cara kerja otak menyimpan informasi. Dengan menggunakan bahan ajar berbasis mind map diharapkan dapat membantu mengoptimalkan kerja kedua belah otak sehingga siswa lebih cepat memahami pelajarannya.

Handout berbasis mind map ini adalah merupakan hasil penelitian saya ketika menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Negeri Padang. Setelah melibatkan banyak pihak mulai dari  Drs. Ardi, M.Si (dosen pembimbing I), Dr. Ramadhan Sumarmin, M.Si (dosen pembimbing II), Drs. H. Rusdi Adnan (validator dan dosen penguji), Drs. Ristiono, M.Pd (dosen penguji), dan Muhyiatul Fadilah (validator dan dosen penguji), S.Si, M.Pd, dr. Elsa Yuniarti (validator), Hilma Defitri, S.Si (validator), Sartini, S.Pd (validator), Hariesma, S.Pd (validator) dan siswa-siswi SMPN 3 Solok, Sumatera Barat akhirnya jadilah handout ini. Alhamdulillah.

Handout ini terdiri dari empat materi yaitu sistem gerak, sistem pencernaan, sistem pernapasan dan sistem peredaran darah pada manusia. Handout ini jelas sekali berbeda dengan kebanyakan handout yang beredar di pasaran. Apa keunikan handout ini?
  1. Semua materi dikemas dalam bentuk mind map sehingga siswa lebih mudah memahami point-point penting yang harus dikuasainya. 
  2. pada setiap lembarnya, kita akan terus diingatkan pada materi pada lembar sebelumnya.
  3. Pada akhir materi terdapat kesimpulan yang memberikan gambaran secara menyeluruh materi yang telah dipelajari.
  4. Untuk menguji pemahaman, handout ini dilengkapi teka-teki silang, soal pilihan ganda, dan melengkapi mind map.
Berikut ini gambaran umum handout berbasis mind map:


Saatnya kita belajar sesuai dengan cara kerja otak kita. Berminat ????

Artikel terkait: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa tinggalkan komentarnya ya...