Sabtu, 28 Januari 2012

Menciptakan masa depan

     Sobat, hidup ini hanya sekali. Tidak ada renkarnasi dalam kehidupan ini. Jika saja ada renkarnansi, mungkin kita bisa memperbaiki kehidupan yang sebelumnya pada kehidupan yang berikutnya.  Oleh karena itu kita harus menggunakan kehidupan ini sebaik-baiknya agar tak menyesal dikemudian hari  karena penyesalan selalu datang belakangan. 
     Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi besok, tapi kita harus punya mimpi. Mimpi-mimpi kita lah yang akan megantarkan kita pada masa depan. Mau dibawa kemana, mau seperti apa, mau jadi apa, kita sendirilah yang menentukannya. Kita sendirilah yang akan menciptakan masa depan kita. Kita hari ini akan sangat menentukan kehidupan kita yang akan datang, karenanya beranilah bermimpi. Mari mulai menciptakan masa depan dari sekarang. 
     Saya punya cara sendiri dalam merencanakan masa depan saya. Mau tahu caranya ? Saya memetakan masa depan saya dalam bentuk mind map. Mind map membantu saya lebih cepat mengorganisasikan apa-apa saja yang saya inginkan di masa yang akan datang. Saya akan berbagi Sedikit caranya.
  1. Terlebih dulu anda bisa men-download program mind map agar mind map yang anda buat terlihat lebih menarik. software-nya dapat di download  disini . Tapi untuk langkah awal sebaiknya anda membuat mind map secara manual.
  2. Bayangkan kehidupan seperti apa yang anda inginkan. lalu pikirkan usaha apa saja yang harus anda lakukan untuk mewujudkannya. Misalnya, jika anda ingin menjadi seorang pendidik, maka anda harus berfikir dimana anda akan kuliah, berapa lama, buatlah sedetailnya.Pikirkan yang lainnya, bermimpilah!
  3. Jika sudah, sekarang saatnya anda mencari atau membuat gambar-gambar yang berhubungan dengan mimpi-mimpi anda.
  4. Rapikan mind map yang sudah anda buat dengan bantuan program mind map. Gunakan photo anda sendiri sebagai central topic.
  5. Cetaklah mind map anda setidaknya ukuran poster. 
  6. Pajanglah mind map hidup anda. Jangan malu, PD aja. Dengan memajangnya,anda dapat melihatnya setiap saat, sehingga anda dapat terus bersemangat untuk mewujudkannya.
  7. Beri tanda centrang jika mimpi anda telah tercapai. 

Selamat menciptakan masa depan. Masa depan anda ada di tangan anda, bukan di tangan saya :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa tinggalkan komentarnya ya...