Jumat, 17 Februari 2012

Saat iman mulai melemah

       "Kak..aku kangen saat-saat itu,saat aku merasakan ketenangan dan kenikmatan beribadah. Namun,sekarang tak dapat lagi kurasakan. Bahkan untuk menagisi dosa-dosaku pun aku tak mampu. solatku ku kerjakan seadanya saja. Rasanya hatiku semakin keras". Pernah merasakan hal yang sama?
      Secara fitrah, manusia memiliki kecendrungan untuk berbuat dosa dan ketakwaan. Hal ini mengakibatkan keimanan seseorang mengalami fluktasi (terkadang naik terkadang turun). Rasulullah bersabda “keimanan bisa bertambah dan berkurang. Maka perbaruhilah iman kalian dengan La Illaaha Illallah”(H.R Ibnu Islam). 
     Fenomena lemahnya iman ada disekiar kita atau mungkin ada diri kita sendiri. Berikut ini beberapa fenomena lemahnya iman.  
  1. Terjerumus dalam kemaksiatan. Perbuatan yang biasa dilakukan dapat membentuk sebuah kebiasaan. Begitu juga dengan kemksiatan. Bila sering dilakukan, ia pun akan menjadi kebiasaan yang selanjutnya seseorang akan berani berbuat terang-terangan. 
  2. Tidak tekun dan malas-malasan dalam beribadah. Salah satu penyebab malasnya beribadah dikarenakan tidak khusyuk (konsentrasi) dalam mengerjakannya. Sehingga ibadah tersebut dilakukan dengan jiwa yang kosong tanpa ruh. Padahal tidak akan diterima doa dari hati yang lalai dan bermain-main. 
  3. Memudarkan tali ukhuwah (persaudaraan). Tidak memperhatikan urusan kaum muslimin. padahal rasulullah bersabda "orang-orang mukmin itu laksana satu tubuh manusia. Bila matanya sakit maka sakitlah seluruh tubuhnya atau bila kepalanya sakit maka sakitkah seluruh tubuhnya" (H.R Muslim)
  4. Terputusnya tali persaudaraan di antara dua orang yang semula bersaudara. 
  5. Terpaut pada urusan duniawi dan terlalu mencintainya.
  6. Mengeluh dan takut akan musibah.
  7. Mencela yang ma'ruf dan tidak mau memperhatikan kebaikan-kebaikan yang kecil.
  8. Banyak berdebat dan bertikai yang mematikan hati, sehingga mengakibatkan hati menjadi keras dan mati. 
 Nah sobat, adakah fenomena lemahnya iman itu dalam diri kita? Tahukah sobat, ada beberapa penyebab 
lemahnya iman. Mau tahu ? Yuk, lanjutin bacanya...

Sebab-sebab lemahnya iman:
  1. Jauh dari suasana atau lingkungan iman dalam waktu yang lama.
  2. Jauh dari pelajaran dan teladan yang baik.
  3. Jauh dari menuntut ilmu syari'at yang dapat membangkitkan iman di dalam hati.
  4. Berada di lingkungan yang penuh kemaksiatan.
  5. Tenggelam dalam kesibukan dunia.
  6. Sibuk mengurusi harta benda,istri dan anak-anak.
  7. Panjang angan-angan.
  8. Berlebih-lebihan dalam masalah makan, tidur, berjaga di waktu malam, berbicara, bergaul dan tertawa. 
 Nah sobat, iman itu bersifat fluktatif. Ada banyak penyebab lemahnya iman. Hindari hal-hal yang dapat melemahkan iman kita dan dekati hal-hal yang dapat menguatkan iman kita. Ups.. menguatkan iman kita??? Ya, next kita akan cari tahu apa-apa saja yang dapat menguatkan iman kita. Insyaallah.


Artikel terkait:
Macam-macam hati

1 komentar:

jangan lupa tinggalkan komentarnya ya...