Rabu, 16 November 2011

Aku ingin menjadi seorang Hafidzah

“Orang yang tidak mempunyai hapalan Al-Quran sedikit pun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh” 
(HR.At-Tirmidzi) 
 Mengapa saya ingin menjadi seorang hafidzah(penghapal al-Quran) ? Karena tidak ada satu pun kerugian yang saya dapati dengan menghapal al-quran, tapi sebaliknya saya hanya menemukan keuntungan demi keuntungan dengan menjadi penghapal Al-Quran, diantaranya adalah: 
  1. Al-Quran adalah kalam(kalimat) Allah, menghapalnya adalah aktivitas yang paling besar nilainya karena akan membuka pintu-pintu kebaikan.
  2. Ketika kita membaca Al-quran,kita akan mendapatkan 10 kebaikan pada setiap satu huruf yang kita baca. Berapa kebaikan yang akan kita dapatkan jika kita menghapal al-quran??? Surat yang terpendek dari Al-quran yaitu surat Al-Kautsar berjumlah 42 huruf, berarti jika kita membacanya sekali (42x10=420) kita mendapatkan 420 kebaikan. Padahal satu kebaikan nilainya lebih baik dari dunia dan seisinya. Jika kita membaca dan menghapal Al-Quran, bayangkan berapa banyak kebaikan yang kita dapatkan???
  3. Al-Quran berisi tentang ilmu dunia dan akhirat, juga terdapat kisah-kisah orang terdahulu dan yang akan datang. Ia juga berisi tentang berbagai hakikat ilmiah, alam semesta, ilmu kedokteran serta perundang-undangan. Al-Quran juga menggambarkan kepada kita kisah penciptaan kita, kematian kita sampai kehidupan setelah itu, juga mengabarkan tentang hari kiamat dan kehidupan abadi di surga ataupun neraka dengan sedetail-detailnya. Inilah kamus terlengkap dan terbesar di dunia. Jadi dapat dikatakan dengan menghapal Al-Quran berarti kita telah menghapal kamus terbesar di dunia. 
  4. Al-Quran yang kita hapalkan kelak akan menjadi teman kita dalam menghadapi kematian. Ia juga akan menjadi pembela dan syafaat pada hari kiamat nanti. 
  5. Penghapal Al-Quran akan memiliki ucapan yang berkesan karena pengaruh keindahan bahasa Al-Quran. Ia mampu mengubah pandangan kita terhadap apa yang ada disekitar kita. 
  6. Al-Quran adalah obat bagi penyakit jiwa dan raga. 
  7. Dengan menghapalkan Al-Quran, niscaya waktu kita tidak akan terbuang sia-sia. Al-Quran akan menghilangkan rasa duka, sedih serta rasa yang mengganjal. Itulah beberapa manfaat dari menghapal Al-Quran. 
Jangan ngaku cinta sama Allah kalo masih malas-malasan menghapal Alquran. Kesibukan dunia bukanlah alasan. Sungguh, kekagumanku adalah ketika melihat seseorang yang mampu menghapalkan Al-Quran di tengah sibuknya aktivitasnya. Dalam hati pun tekat itu semakin membara, Ya… akupun akan menghapal Al-Quran.

6 komentar:

  1. Semoga keinginan nya segera terwujud, karena sungguh menghafal alquran tidak lah mudah, banyak ujian datang...keep istiqomah, ahlan wa sahlan di dunia para huffaz.....


    salam ukhuwah ,


    annisa

    alquran is my soulmate

    BalasHapus
  2. aamiin....
    Salam ukhuwah ukhti annisa.... :)

    BalasHapus
  3. hm...
    salam kenal kak...
    jadi termotivasi lagi ni setelah membaca postingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali... :)
      semoga qt selalu bersemangat untuk menghapal alquran...

      Hapus
  4. bismillah....
    saling mendoakan ukh semoga kita senantiasa diberikan kemudahan dan menjadi pribadi yang cinta dengan Al-Qur'an..amin
    salam kenal....desi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... semoga Alquran terhujam di hati kita... salam kenal kembali desi.. :)
      makasih atas kunjungannya...

      Hapus

jangan lupa tinggalkan komentarnya ya...