Kamis, 16 Juni 2011

Macam – macam hati


1. Hati yang sehat = hati yang selamat
Hati yang terbebas dari setiap syahwat, keinginan yang bertentangan dengan perintah Allah.Hati yang tidak pernah beribadah kepada selain Allah.Jika ia mencintai, membenci, memberi dan menahan diri semuanya lil-Lah
2.Hati yang mati
Hati yang tidak mengenal siapa Tuhannya.Ia tidak beribadah.Enggan menjalankan petintah-Nya.Selalu berjalan bersama hawa hafsu dan kenikmatan dunia.Tidak peduli dengan keridhoan atau murka AllahMenghamba kepada selain Allah.Jika mencinta,membenci, memberi dan menahan diri semua karena hawa nafsu.
3. Hati yang sakit
Hati yang yang hidup namun mengandung penyakit.Ia mengikuti unsur yang kuat.Kadang- kadang cendrung pada “kehidupan”, dan kadang – kadang pula cendrung pada “penyakit”
kecintaan, keimanan, keihklasan dan tawakal kepada Allah yang merupakan sumber Kehidupan. Kecintaan dan ketamaan terhadap syahwat , sifat ujub merupakan sumber bencananya.Berada di antara 2 penyeru; penyeru kepada Allah, Rasul dan hari akhir. Penyeru kepada kehidupan dunia.Seruan yang akan disambutnya adalah seruan yang paling dekat dan paling akrab.

yang manakah hati kita????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa tinggalkan komentarnya ya...