Kamis, 23 Februari 2012

Karena Islam mengerti Wanita

Bersyukurlah karena engkau telah terlahir sebagai seorang wanita, karena menjadi wanita itu istimewa. Islam begitu memuliakan wanita. Saya jadi teringat status fb kak mega beberapa hari yang lalu, ini statusnya waktu itu:
Lelaki inggris bertanya: "Kenapa dalam Islam wanita tdk boleh jabat tangan dengan pria?"
Syaikh menjawab: "Bisakah kamu berjabat tangan dengan ratu elizabeth?

Lelaki inggris menjawab: "oh tentu tidak bisa! cuma orang2 tertentu saja yg bisa berjabat tangan dengan ratu."
Syaikh tersenyum & berkata:" Wanita2 kami(Kaum muslimin) adalah para ratu, & ratu tidak boleh berjabat tangan dengan pria sembara...ngan (yg bukan mahramnya")

lalu si inggris bertanya lagi, "Kenapa perempuan Islam menutupi tubuh dan rambut mereka?"

Syekh tersenyum dan punya 2 permen, ia membuka yang pertama terus yang satu lagi tertutup. dia melemparkan keduanya kelantai yang kotor.

Syaikh bertanya: " Jika saya meminta anda untuk mengambil satu permen, mana yang anda pilih?"
Si inggris menjawab: "Yang tertutup.."
Syeikh berkata: " Itulah cara kami memperlakukan dan melihat perempuan kami.
 Dulu ketika Islam belum hadir,terlahir sebagai seorang wanita sangatlah menyedihkan. Berikut beberapa
potret nasib wanita sebelum kehadiran islam: 
  1. Wanita menjadi simbol keterbelakangan dan kehinaan, lihat saja firman Allah pada surat An Nahl ayat 58-59Dan apabila seorang dari mereka diberi kabar dengan kelahiran anak perempuan, merah padamlah mukanya dan dia sangat marah. Ia menyembunyikan dirinya dari orang banyak, disebabkan buruknya berita yang disampaikan kepadanya. Apakah dia memeliharanya dengan menanggung kehinaan ataukah akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)? Ketahuilah. Alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu.”
  2. Wanita dijadikan sebagai harta warisan bukan ahli waris. Jadi ketika suaminya meninggal, wanita tersebut bisa diwariskan kepada saudara laki-laki suami atau kepada siapapun walau sekalipun wanita tersebit tidak mau.
  3. Suami memiliki hak untuk menikahi perempuan manapun tanpa ada batasan dan keterikatan apa pun. 
  4.  Perempuan dihalangi bahkan dilarang untuk menikah lagi bila suami meninggal dunia, atau diceraikan.
Namun,setelah Islam datang, derajat wanita berubah 180 derajat. Wanita begitu dimuliakan. Lihat saja beberapa kemuliakan wanita yang tidak dimiliki oleh lelaki berikut ini:

  1.  Allah menganugrahkan Sifat mulia yang menonjol kepada wanita. Wanita itu pada dasarnya mempunyai perasaan yang halus, hatinya mudah sekali tersentuh. Wanita juga memiliki sifat pemalu.
  2. Salah satu Surat Al-Quran diberi nama surat An-Nisa (Wanita), karena karena hukum-hukum yang berkaitan dengan wanita lebih banyak disebutkan dalam surah ini daripada dalam surah yang lain. Inilah yang menunjukkan ke khususan wanita.
  3. Islam Memuliakan Wanita dengan Mengharuskan Menutup Aurat. Mengapa menutup aurat? Islam memandang wanita sebagai perhiasan yang penuh dengan pesona dan harus dilindungi sehingga tidak menjadi budak nafsu. Bukankah sesuatu yang mahal harganya akan dijaga dan disimpan di tempat yang teraman dan terbaik? 
  4. Ketika menjadi IBU, seorang wanita 3 X lebih mulia dari lelaki. Wanita harus taat kepada suaminya, tetapi tahu kah sobat seorang lelaki wajib taat kepada IBUNYA tiga kali lebih utama dari pada bapaknya. Mulia nya seorang ibu.
  5. Harta warisan yang diterima wanita menjadi milik pribadinya dan tidak perlu diserahkan kepada suaminya.Sementara seorang laki-laki jika mendapatkan harta warisan ia wajib juga menggunakan harta itu untuk istri dan anak-anaknya.
  6. Di akhirat nanti,seorang wanita akan di pertanggung jawabkan oleh 4 orang laki-laki,yaitu suaminya, ayahnya, anak laki-lakinya dan saudara laki-lakinya.
  7. Seorang wanita boleh memasuki pintu surge dari pintu mana saja yang disukainya, dengan syarat: sholat 5 waktu, puasa di bulan Ramadhan, taat kepada sauminya dan menjaga kehormatannya.
  8. Seorang laki-laki wajib berjihad di jalan Allah. Sementara seorang perempuan jika ia taat kepada suaminya serta menunaikan tanggungjawabnya kepada Allah SWT maka ia akan mendapatkan pahala setara seperti pahala orang pergi berjihad di jalan Allah tanpa perlu mengangkat senjata.
Wahai wanita... Jagalah dirimu dan muliakanlah dirimu menaati Allah dan Rasulullah karena Islam begitu memuliakanmu..

Ya Allah... Terima kasih telah menciptakanku sebagai seorang wanita...Aku bukan Asia yang patut ditiru kesabarannya, aku juga bukan Khadijah yang begitu setia, aku pun bukan Aisyah dengan kejujurannya, bahkan aku bukanlah fatimah yang begitu teguh pada Agama-Mu. Aku hanyalah seorang hamba yang berusaha meraih cinta-Mu...

4 komentar:

  1. masya Alloh ... merinding bacanya.....

    syukron yah ukhti..

    BalasHapus
  2. izin share boleh ukhti? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya silahkan.... jgn lupa kasih tau sumbernya ya...

      Hapus

jangan lupa tinggalkan komentarnya ya...