Minggu, 07 Desember 2014

"Kita" ibarat Peternak Unta

Bagaimana kabar hapalan alquran mu saudariku? Masihkah ia terjaga dengan baik?
Rasulullah SAW pernah bersabda, "Jagalah (hapalan) alquran ! Demi Dzat yang jiwa saya ada ditangan-Nya, sesungguhnya Al-Quran itu sangat cepat terlepas melebihi (lepasnya) unta dari ikatannya" (H.R. Bukhari dan Muslim)

Hapalan yang kita miliki jika jarang di ulang lambat tapi pasti ia akan lepas. Padahal kita telah bersusah payah untuk menghapalnya. Oleh karenanya kita "harus" mampu memanajamen dalam mengulang hapalan yang kita miliki. Saya begitu terkesan dengan pendapat Herry (2012) tentang teori yang disebutnya teori beternak unta dalam menjaga hapalan. Teori ini terinspirasi dari hadist di atas. Menurut teori beternak unta, orang yang menghapal alquran seperti orang yang beternak unta. Orang yang sedang menghapal alquran diibaratkan seperti orang yang sedang berburu unta. Orang yang telah mendapatkan unta seperti orang yang telah hapal. Sedangkan orang yang memelihara unta seperti orang yang memelihara hapalannya.

Strategi bagi kita yang sering lupa, rumusnya adalah hapalan yang lupa-lupa ingat harus lebih banyak diulang daripada hapalan yang sudah lancar. Fokus pada hapalan yang belum lancar, bukan berarti hapalan yang telah lancar tidak di urus lagi. Tentu saja hapalan yang sudah lancar harus di ulang-ulang terus layaknya unta yang sudah jinak tetap harus diperhatikan agar tidak liar kembali. Idealnya dalam sehari di upayakan kita mampu mengalokasikan waktu untuk menghapal dan mengulang hapalan.
Selanjutnya, biarkan unta-unta kita tumbuh sehat supaya bisa melahirkan, bisa diambil susunya, bisa dipakai sebagai kendaraan dan diambil dagingnya. Intinya, rawatlah hapalan kita dengan memberikan perhatian yang maksimal, insyaallah hapalan kita akan memberikan manfaatnya untuk kita di dunia dan di akhirat.

Saudariku, bagaimana kondisi untamu? Mari kita rawat unta kita dengan maksimal. Agar tak ada lagi unta yang liar, agar unta-unta kita dapat memberikan manfaat untuk kita.
Selamat merawat unta :D


*rujukan: 

Herry, B.A. (2012).Agar Orang Sibuk Bisa  Menghapal Al-Quran. Yogyakarta: Pro-U Media.



1 komentar:

jangan lupa tinggalkan komentarnya ya...